Visi Kabupaten Sekadau

 

Visi Kabupaten Sekadau


“ TERWUJUDNYA KABUPATEN SEKADAU YANG MAJU, MANDIRI, DAN BERDAYA SAING ”

 

Maju adalah  keadaan dimana laju pertumbuhan ekonomi daerah lebih tinggi dari periode lima tahun sebelumnya (2011-2015) dengan distribusi pendapatan lebih merata. Perekonomian daerah yang maju dapat diukur dari meningkatnya hasil produksi, meningkatnya investasi, dan meningkatnya kontribusi industri dalam perekonomian. Selain itu, dalam proses produksi berkembang peran UMKM, Koperasi, dan lembaga keuangan non perbankan, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berlangsung secara rasional, efisiensi dan berwawasan lingkungan. Daerah yang maju juga ditandai dengan meningatnya kualitas dan kuantitas infrastruktur yang dapat mendorong peningkatan ketahan pangan dan kemandirian masyarakat desa.

Mandiri adalah keadaan dimana daerah memiliki kemampuan dan keleluasaan dalam menentukan apa yang terbaik bagi daerahnya, termasuk dalam hal pemanfaatan potensi sumberdaya yang ada di daerah. Oleh karena itu, daerah yang mandiri ditandai oleh meningkatnya kapasitas fiskal, kualitas aparat, efesiensi dan efektifitas layanan publik, kesadaran hukum masyarakat, dan kapasitas kelembagaan masyarakat desa. Daerah yang mandiri juga ditandai oleh meningkatnya inisiatif, inovasi dan kreativitas rakyat di daerah itu untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam mengatasi permasalahan daerah sehingga daerah mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dengan daerah lain yang telah maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri.

Berdaya Saing adalah keadaan dimana tenaga kerja dalam komoditi yang dihasilkan disuatu daerah dapat berkompetisi dengan tenaga kerja dan komoditi yang dihasilkan oleh daerah lain atau negara lain. Suatu daerah akan memiliki daya saing tinggi jika proses ekonomi di daerah itu tidak mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini diperoleh sebagai akibat dari dicapainya kemajuan dan kemandirian daerah. Disamping itu, daya saing daerah akan meningkat jika IPM daerah lebih tinggi (Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi lebih baik), kualitas generasi muda meningkat baik dalam bidang seni budaya maupun olahraga, serta kerukunan hidup beragama dan kesejahteraan sosial terjaga dengan baik.