Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Untuk Wujudkan Keluarga yang sehat dan sejahtera

Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Untuk Wujudkan Keluarga yang sehat dan sejahtera

Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Untuk Wujudkan Keluarga yang sehat dan sejahtera

 

MadahSekadau-Sekadau Hilir, Lomba Kesatuan Gerak (Kesger) PKK-KB-Kesehatan (PKK-KB-Kes) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan di Kantor Sekretariat PKK Kabupaten Sekadau, Kamis (3/5/2018). Lomba tersebut merupakan cerminan adanya kesungguhan Tim Penggerak (TP) PKK untuk membantu mewujudkan keluarga sejahtera.

Tujuan pelaksanaan penilaian lomba Kesger PKK-KB-Kes adalah untuk mengevaluasi berbagai langkah inovatif, baik administrasi maupun implementasi pada kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Desa dalam rangka meningkatkan capaian pembangunan bidang kesehatan dan KB, serta membiasakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. 

Kegiatan ini hanya dilaksanakan 1 hari, yakni kamis 3 April 2018 di tiga tempat berbeda yaitu Desa Mungguk, Desa Nanga Taman, dan Desa Tembesuk. 

Kesger PKK-KB-Kes yang telah dilaksanakan dari bulan Oktober s/d Desember 2017, telah menetapkan 3 Desa tersebut sebagai pemenang di tingkat kabupaten. Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir ditetapkan sebagai pemenang lomba PKK-KB-Kes, Desa Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman ditetapkan sebagai pemenang lomba perilaku hidup bersih dan sehat dan Desa Tembesuk Kecamatan Nanga Mahap ditetapkan sebagai pemenang lomba lingkungan bersih dan sehat. 

"Penilaian kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan pada hari ini hendaknya dijadikan momen untuk semakin menunjukan bahwa anggota dan pengurus PKK dengan segala kegiatannya semakin solid dan dinamis serta memberi manfaat yang optimal pada masyarakat," Ungkap Bupati Sekadau, Rupinus. 

"Wujud kegiatan yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat merupakan salah satu upaya untuk membuktikan bahwa PKK benar-benar merupakan pemberdayaan keluarga," Pungkasnya. 

"Kami menyadari,sebagai Kabupaten yang baru masih banyak hal yang jauh dari sempurna, untuk itu, saya meminta kepada Tim Penilai Provinsi dapat memberikan masukan pembinaan di dalam penilaian supaya kegiatan yang akan datang bisa lebih baik lagi," Ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Sekadau, Kristina Rupinus. 

"Mudah-Mudahan dalam pelaksanaan lomba kesatuan gerak ini, dapat meningkatkan kinerja dan peran kader-kader serta kelompok PKK yang ada di Kabupaten Sekadau Untuk lebih baik lagi," Tuturnya. 

“ Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kesehatan PP dan KB) serta lintas sektor terkait seperti Dinas Pemerintahan Desa dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya, Pihak kecamatan dan Desa, ” Ujar Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB, Emanuel pada saat membacakan sambutannya. (madahsekadau/Yandi/Halim)