Mekarkan 7 Desa , Harapan Peningkatan Pembangunan Desa Di Kabupaten Sekadau

Mekarkan 7 Desa , Harapan Peningkatan Pembangunan Desa Di Kabupaten Sekadau

Mekarkan 7 Desa , Harapan Peningkatan Pembangunan Desa Di Kabupaten Sekadau

 

Madah Sekadau – Sekadau Hilir, Bupati Sekadau, Rupinus meresmikan 7 desa persiapan Se-Kabupaten Sekadau, yang dipusatkan di halaman kantor Desa Persiapan Tigur Jaya, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, selasa (7/8/2018).

Proses pembentukan Desa baru menjadi antusiasme di kalangan masyarakat, karena dengan adanya pemekaran wilayah Desa baru diharapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa dan percepatan pembangunan di Desa, khusunya di Kabupaten Sekadau.

Sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2014, pembentukan Desa dilakukan melalui Desa persiapan, yang statusnya dapat ditingkatkan menjadi Desa definitif dalam jangka waktu paling lama  tiga tahun sejak ditetapkanya sebagai Desa persiapan.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat, seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia Peresmian Desa Persiapan bahwa ini belum final, belum definitif  dan masih memiliki banyak syarat.” Ucap Bupati Sekadau, Rupinus.

Sebelum menjadi Desa definitif, Bupati membentuk tim untuk menilai layak atau tidaknya Desa persiapan. Hasil kerja tim ini, berupa rekomendasi yang disampaikan kepada Bupati, yang selanjutnya Bupati memerintahkan perangkatnya untuk merancang peraturan daerah tentang pembentukan Desa difinitif.

“Pemekaran Desa Ini bukan didasari ingin terpecah dengan yang lain, tetapi ada dua hal yang kita inginkan dari pemekaran desa ini, yaitu mengoptimalkan pelayanan masyarakat, dan mempercepat jalu perkembangan yang ada di Desa ini.” Jelas Kepala Desa Timpuk, Mangihut Sirait

“Kegiatan ini dapat terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan masyarakat Desa persiapan yang sangat antusias dalam menyambut hadirnya Desa baru di daerah mereka. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Tigur Jaya yang hari ini sama-sama kita saksikan.” Ungkap Sekretaris Daerah Kab.Sekadau, Zakaria.

Desa persiapan yang diresmikan diantaranya Desa Sempulau Indah,Desa Tigur Jaya, Desa Beringkai Raya, Desa Semerawai, Desa Engkulun Hulu, Desa Sepantak, serta Desa Melanjan Raya. (madahsekadau/Ahmad/Yandi/Halim)